Tuesday, February 21, 2017

Desain Logo Songopitu Santrywear

[Late Post]
Dasar pemalas! Project sudah berlalu setahun lebih, baru ditulis sekarang...
Hehe
*******

Dalam sebuah perbincangan dalam mobil pasca ta'ziyah di Keloposepuluh, Sidoarjo, dua orang teman alumni MAN Tambakberas Jombang mencetuskan ide untuk membuat lini usaha yang digerakkan oleh sesama alumni. Ide tersebut kemudian digulirkan dan dimatangkan dalam empat kali pertemuan lanjutan di Gresik dan Krian, Sidoarjo. 

Alhasil disepakati untuk membuat sebuah clothing-line sebagai permulaan. Nama label yang dipilih adalah Songopitu Santrywear, menyesuaikan akar komunitas yang berasal dari Alumni MAN Tambakberas lulusan tahun '97 (dalam bahasa jawa, 9 = songo dan 7 = pitu) sekaligus santri PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.

Sebuah label tentu memerlukan logo. Dan saya lah yang didapuk sebagai pembuatnya.

Setelah merenung, bertapa, dan sholat istikharah selama beberapa hari (halah), akhirnya tugas itu dapat saya selesaikan. Sebuah logo sederhana yang terdiri dari sebuah kotak dengan rounded corners yang ditembus oleh angka 97 dalam aksara Arab.

Bentuk kotak sengaja saya pilih untuk menggambarkan kondisi tiap alumni yang sudah memiliki kehidupan pribadi masing-masing. Namun kotak tersebut tidak bersudut kaku melainkan membulat sebagai simbol fleksibilitas. 

Angka 97 dalam aksara Arab sebagai refleksi seorang santri yang setiap hari berkutat dengan literatur atau kitab berbahasa Arab. Dan angka tersebut menembus kotak bersudut bulat sebagai metafora bahwa jalinan persahabatan alumni seangkatan dapat menembus sekat-sekat pribadi orang per orang.

*Semoga anda tidak terinspirasi...
Disqus Comments