Monday, May 11, 2015

Harap Tenang, Ada Ujian

Ujian Sekolah merupakan salah satu momen penting bagi siswa. Sebab selain dari nilai raport, nilai Ujian Sekolah juga ikut menentukan nilai akhir siswa sebagai tolok ukur hasil belajar yang akan menjadi pertimbangan kelulusan siswa.

Dibutuhkan konsentrasi tinggi bagi siswa agar dapat mengerjakan semua soal Ujian Sekolah dengan baik. Oleh karena itu suasana lokasi ujian sedikit banyak turut mempengaruhi fokus siswa dalam menyelesaikan soal-soal Ujian Sekolah. Semakin ramai (tidak tenang) suasana lokasi ujian (ruang kelas/sekolah) tentu akan mengakibatkan peserta Ujian Sekolah semakin terganggu dan mereduksi kemampuan siswa untuk melewati ujian dengan mulus seperti yang diharapkan.

Suasana lokasi Ujian Sekolah yang kondusif harus diupayakan dengan baik oleh panitia ujian. Bekerja sama dengan lingkungan sekitar adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan. Selain itu sinergitas antara panitia dengan pengawas ujian juga berpengaruh. Di luar itu panitia ujian juga dapat menyiapkan tulisan yang dipasang di depan sekolah yang menyatakan bahwa di sekolah tersebut sedang berlangsung ujian sehingga diharapkan muncul kesadaran masyarakat yang lewat atau berada di sekitar lokasi ujian dapat meminimalisir suara atau kegiatan yang dapat mengganggu berlangsungnya ujian.

Salah satu contoh tulisan yang saya buat untuk sekolah berupa mini-baliho seperti berikut ini:

harap tenang ada ujian
Mini-baliho di atas saya buat dengan menggunakan CorelDraw dan dapat dipasang pada rangka kayu sesuai ukuran atau digantung.

*Semoga anda tidak terinspirasi... 

#nb : gambar kartun dalam baliho di atas tidak saya buat sendiri tapi saya dapatkan dari Google (yang sayangnya saya lupa menyimpan url websitenya sehingga tidak dapat saya cantumkan di sini)
Disqus Comments